Wasir Tak Segera Diobati, Hati-hati Bahaya Lain Mengintai

Meski terkesan tidak berbahaya, wasir tetap harus diwaspadai. Bila tidak diatasi dan terus memburuk, dampaknya bisa sangat serius dalam jangka panjang. Bukan sekadar tidak nyaman, tetapi memunculkan penyakit lain lagi.

“Walaupun sangat jarang terjadi, perdarahan karena wasir dalam jangka panjang dapat menyebabkan anemia defisiensi besi,” kata dr Meta Hanindita dari RS Dr Soetomo Surabaya, saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (19/2/2014).

Menurut dr Meta, darah yang menumpuk pada pembengkakan wasir dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan masalah lain yang tak kalah serius bila tidak diatasi. Darah tersebut bisa membentuk bekuan darah dan menyebabkan jaringan sekitarnya mati.

Oleh karena itu, dr Meta menganjurkan pasien untuk segera mengubah pola hidup jika diketahui memiliki riwayat wasir. Perubahan yang dianjurkan antara lain meliputi banyak minum air putih, banyak konsumsi serat dari sayur dan buah-buahan, juga banyak berolahraga.

Kabar baiknya, wasir yang tidak terlalu besar umumnya tidak menyebabkan dampak yang buruk. Banyak pasien yang memiliki wasir, dibiarkan bertahun-tahun tanpa ada keluhan. Yang penting, begitu ada keluhan langsung harus diperiksakan ke dokter.

“Jika dibiarkan terus menerus maka akan semakin membesar. Lama-lama menonjol keluar sehingga mengganggu. Sudah sakit makin sakit nonjol keluar ya jadinya ganggu. Apalagi jika duduk, jadi makin sakit,” kata dr Errawan Wiradisuria, SpB, konsultan bedah digestif dari RS Premier Bintaro.

Salah satu cara untuk mengobati ambeien adalah dengan menggunakan obat dari dokter, atau cara terakhirnya ialah pengangkatan wasir melalui prosedur operasi. Namun, adakah obat alami untuk penderita ambeien?

Please disable your adblock for read our content.
Refresh